'

Teori Kimia Atom

Diposkan oleh Islam Wiki

Apa itu Atom

Atom adalah bagian terkecil dari sebuah unsur. Misalnya tembaga, terbentuk dari atom-atom tembaga, yang berberda dengan atom oksigen yang membentuk oksigen. Atom itu sangat kecil ukurannya. Sederet tulisan ini memiliki panjang sekitar 20juta atom. Di dalam atom terdapat partikel yang lebih kecil yang disebut dengan partikel subatomik. Yang termasuk subatomik yaitu nukleus yang mengandung proton dan netron, dan elektron yang mendesing berputar disekitar nukleus.


10. Yunus
61. Kamu tidak berada dalam suatu keadaan dan tidak membaca suatu ayat dari Al Quran dan kamu tidak mengerjakan suatu pekerjaan, melainkan Kami menjadi saksi atasmu di waktu kamu melakukannya. Tidak luput dari pengetahuan Tuhanmu biarpun sebesar zarrah di bumi ataupun di langit. Tidak ada yang lebih kecil dan tidak (pula) yang lebih besar dari itu, melainkan (semua tercatat) dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).




LAPANGAN SEPAKBOLA

Bayangkan, seandainya ukuran atom seukuran dengan lapangan sepakbola. Nucleus atom akan sebesar kacang pada bagian tengah lapangan, dan elektron akan berdesing di sekitarnya. Sedangkan sesuatu yang berada ada diantara nukleus dan elektron adalah kekosongan.

Nukleus

Nukleus adalah sekumpulan proton dan neutron yang berbatasan secara ketat. Atom karbon memliki 6 proton dan 6 neutron. Proton memiliki muatan positif dan neutron tidak memiliki muatan. Muatan positif proton akan saling tolak menolak, tetapi nukleus tetap ditahan bersama-sama (tidak pecah) oleh gaya yang sangat kuat yang disebut dengan gaya nuklir kuat.

Nomor Atom

Setiap unsur memiliki nomor atom yang berbeda, tergantung pada banyaknya proton atommnya yang dimiliki pada intinya. Atom karbon, memiliki 6 proton pada nukleusnya, sehingga karbon memiliki nomr atom; 6. Jika jumlah proton dalam inti berubah, maka atom menjadi suatu unsur yang sangat berbeda dengan sifat atau karakteristik yang berbeda.

Massa Atom

Atom dari unsur yang berbeda, masanya bervariasi. Masa atom tergantung pada jumlah proton dan netron pada intinua. atom hidrogen memiliki 1 proton dan tidak memiliki netron, sehingga hidrogen memiliki massa satu. Semakin besar massa sebuah atom, atomnya semakin kecil.

Muatan Listrik

Sebuah atom biasanya bermuatan listrik netral, artinya yaitu atom memiliki jumlah muatan positif proton dan jumlah muatan negatif elektron yang sama. Sebagai contoh, atom karbon, selalu memiliki 6 proton dan 6 elektron, dan biasanya memiliki 6 neutron (meskipun atom karbon yang berbeda bisa jumlah neutron yang sedikit berbeda.

Model Atom

Model atom pertama kali dikemukakan oleh Niels Bohr pada tahun 1913, dengan strukturnya terlihat elektron mengorbit disekitar pusat nukleus. Dia juga yang memulai ide tentang kulit/lapisan elektron, yaitu sifat suatu atom tergantung pada bagaimana elektronnya tersusun dalam lapisan-lapisan kulit.