Sejarah Islam di Afrika

Diposkan oleh Islam Wiki

Sekilas Sejarah perkembangan Islam di afrika

Selama masa Nabi Muhammad (saw) sekelompok Muslim lolos penganiayaan Mekah (615) dengan melarikan diri ke Ethiopia, dimana Negus memberi mereka perlindungan. Penyebaran Islam di Afrika dimulai pada abad ke-7 dan 8. dengan Bani Umayyah, yang membawa agama ke Timur Tengah dan ke pesisir Afrika Utara. Sepanjang pantai Afrika menyebarkan Islam di antara Berber, yang bergabung dengan komunitas Muslim dan segera meluncur utara melintasi Laut Tengah ke Eropa. Di Maroko, umat Islam mendirikan kota Fès (808), yang segera kemudian memberikan perlindungan untuk Andalusia Muslim melarikan diri pemberontakan di Cordoba (lihat Idrisids). Di pantai timur Afrika, di mana pelaut Arab telah selama bertahun-tahun berangkat untuk berdagang, Arab didirikan koloni permanen di pulau-pulau lepas pantai, terutama pada Zanzibar, pada abad ke 9 dan 10. Dari rute perdagangan ada Arab ke pedalaman Afrika membantu penerimaan lambat Islam dan mengarah pada pengembangan budaya Swahili dan bahasa.

Sebelum abad ke-19. keuntungan terbesar yang dibuat oleh Islam di tanah segera selatan Sahara. Islamisasi W Afrika dimulai ketika kerajaan kuno Ghana (c.990) diperpanjang sendiri ke dalam Sahara dan pusat Islam di Sanhajah. Mansa Musa (1307-1332) Mali adalah di antara yang pertama untuk menjadikan Islam sebagai agama negara. Dengan 16 persen. kekaisaran Mali dan penggantinya-negaranya Songhaj termasuk pusat beberapa Sahara perdagangan dan Muslim pembelajaran, seperti Timbuktu. Di wilayah Sudan E, penetrasi Islam mengikuti rute dari Nil. Sekitar 1366, Makurra, semakin utara dari dua kerajaan Kristen di Sudan E, menjadi Islam. Kerajaan lain, Aloa, ditangkap (c.1504) oleh kaum Muslim.

Pada abad ke 16. penakluk Somalia Ahmad Gran gagal mencoba untuk mengkonversi Ethiopia Islam. Pada akhir abad 19 dan awal 18, Afrika, seperti seluruh dunia Muslim, tersapu oleh gelombang reformasi agama. reformis militan, seperti Fulani dan pengikut Haji Omar, sangat memperluas wilayah di mana Islam memegang kekuasaan di W Afrika. Usumanu dan Fodio (1809) mendirikan kekhalifahan Sokoto, yang akhirnya didirikan di bawah kekuasaan Inggris ke Nigeria.

Sejarawan Arab terkenal Ibnu Khaldun mengatakan bahwa nama Ifriqiya diberikan setelah Ifriqos bin Qais bin Saifi, salah satu Raja Yaman. Untuk Al-Bakri, yang berbatas dari Ifriqiya adalah Barga di Tangier Timur dan di Barat, yang berarti bahwa selain Afrika yang tepat dari Roma, itu termasuk Tripolitania, Numidia dan Mauritania. Saat ini, dengan menggunakan kata Ifiriqiya atau Afrika, bangsa Arab maupun non-Arab berarti seluruh benua Afrika yang meliputi Afrika Utara (termasuk Maghrib), Afrika Timur, Afrika Barat, Afrika Tengah, dan Afrika Selatan. Itu adalah penting bahwa tempat penampungan pertama Muslim awal di Afrika (Abyssinia, 615 M). Pada saat Nabi Muhammad (saw) memulai misinya, orang Mesir dan Syria telah sebagian mereka memutuskan aktif
link dengan Kekaisaran Romawi.

Faktor sebenarnya dari Islamisasi terletak pada agama Islam itu sendiri. Setiap Muslim telah diminta untuk membawa pesan dari Nabi kepada orang lain. Tradisi Nabi mengatakan: "Beritakan bahkan jika itu mungkin salah satu ayat." Dimanapun kaum muslimin pergi, mereka mengambil agama mereka dan budaya dengan mereka. Bahasa Arab membentuk hampir bagian dari agama mereka, seperti Qur'an dalam bahasa Arab. Ada rute perdagangan jarak jauh, berjalan dari Utara ke Selatan. Para pedagang Arab dan orang-orang bisnis dan beberapa misionaris yang tenang, yang telah mendedikasikan hidup mereka untuk kepentingan Islam, membawa pesan Islam di mana pun mereka bepergian. Hal ini juga benar bahwa di mana pun penaklukan Muslim terjadi sejumlah besar umat Islam memilih untuk menetap di tempat baru. Periode antara 660-670 Masehi, adalah luar biasa untuk ekspansi Islam lebih ke Afrika sepanjang pantai Mediterania. Maroko berada di bawah pengaruh Islam di abad ke-8 dan Berber mulai bergabung dengan tentara Muslim. menyebarkan Islam di Afrika Utara dengan kecepatan yang luar biasa, dan Masehi 732 tahun, yang menandai seratus tahun pertama kematian Muhammad, pengikutnya adalah majikan sebuah kekaisaran yang lebih besar dari Roma di perusahaan Zenith, sebuah kerajaan yang memanjang dari Teluk Biscay ke Indus dan batas-batas Cina dan dari Laut Aral dengan kontrak yang lebih rendah dari Sungai Nil. Nama Nabi, sebagai Rasul Allah bersama dengan nama Allah [Allah] telah dipanggil keluar lima kali sehari dari ribuan menara yang tersebar di seluruh Afrika Utara, Selatan Eropa Barat, dan Barat dan Asia Tengah.

Islam adalah agama terbesar di Afrika dengan sekitar 45% dari penduduk yang muslim, berbeda dengan 40% menjadi Kristen dan kurang dari 15% menjadi non-agama atau penganut agama tradisional Afrika. Islam masih meningkat di Afrika sebanyak Bantu Afrika pembicara memeluk Islam terutama di bagian tengah dan timur Afrika. (Youtube)