Apa itu Materi | Teori Kimia

Advertisemen
"41. Fushshilat
53. Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segala wilayah bumi dan pada diri mereka sendiri, hingga jelas bagi mereka bahwa Al Quran itu adalah benar. Tiadakah cukup bahwa sesungguhnya Tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu?
"

Apa itu Materi

Segala sesuatu yang dapat kamu pegang, rasakan atau cium terbuat dari materi. Materi mebentuk segala sesuatu yang dapat kamu lihat, termasuk baju, air, makanan, tumbuhan dan binatang. Materi juga membentuk sesuatu yang tidak terlihat seperti udara atau bau parfum. Kamu dapat menjelaskan suatu jenis materi menurut sifatnya seperti warna atau seberapa kerasnya. Materi terbentuk dari partikel-partikel sangat kecil yang hanya dapat dilihat dengan mikroskop super.

Materi dapat dibagi menjadi dua group yaitu, materi hidup dan tidak hidup. Batu yang membentuk bumi adalah contoh dari materi tidak hidup. Sedangkan sesuatu yang hidup, hewan dan tumbuhan adalah materi yang hidup.

NON MATERI

Tidak semua benda terbentuk dari materi. Yang termasuk nonmateri yaitu cahaya, panas dan suara. Kamu tidak dapat memegang, merasakan atau menciumnya. Ketiganya bukanlah jenis dari materi/benda, tetapi bentuk dari energi. Segala sesuatu yang ada dapat di klasifikasikan kedalam jenis materi atau bentuk energi.

SIFAT MATERI

Jenis materi yang berbeda maka memiliki sifat yang berbeda yang membuatnya bermanfaat untuk kerja yang berbeda. Sebuah Pipa selang plastik itu lentur, sehingg dapat diarahkan kemana saja. Kaca itu transparan, sehingga mata dapat melihat sesuatu dibaliknya melalui kaca itu. Sedangkan sebuah batang aluminium itu mengkilap sehingga dapat memantulkan cahaya. Kelenturan, transparan, dan mengkilat ada tiga contoh dari sifat materi.

Warna adalah sifat nyata/jelas dari sifat materi. Warna yang terang dari seekor kupu-kupu memperingatkan predator dan membantunya memikat lawan jenisnya. Materi bisa berwarna terang, kusam atau transparan.
Kepadatan adalah jumlah materi yang dipadatkan dalam sebuah ruang. Timah contohnya sangat padat. Sebuah timah kecil berbentuk kubus memiliki banyak materi yang tersusun dalam ruang yang kecil, sehingga timah itu terasa sangat berat. Tepung tidak padat. Untuk menyeimbangkan antara kedua benda tersebut, hanya perlu dua timah kecil untuk menyeimbangkan tepung yang berjumlah banyak.

PARTIKEL

Semua materi tersusun dari partikel-partikel sangat kecil yang disebut atom. Atom terlalu sulit untuk dilihat oleh mata. Ada berbagai macam jenis atom. Butiran pasir terbentuk dari dua jenis atom: yaitu oksigen dan silikon. Tubuh manusia tersusun dari sekitar 28 jenis atom. Sifat materi tergantung dari jenis atom yang membentuknya.

PARTIKEL PASIR

Butiran pasir terlihat seperti bagian dari kerikil jika dilihat dengan mikroskop. Butirannya memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Setiap butir mengandung jutaan atom, yang terlalu kecil untuk dilihat dengan mikroskop. Butiran pasir yang jumlahnya sepanjang kalimat ini bisa terdiri dari 10 juta juta juta atom.

ATOMS

Kita tidak bisa melihat atom secara nyata. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggambarnya, dengan memantulkan cahaya terhadap partikel. Komputer kemudian menterjemahkan berkas cahaya menjadi sebuah gambar. Scanning Tunneling Microscopes(STM) dan Atomic Force Microscope(AFM) adalah jenis mikroskop untuk melakukan hal ini.

Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini