Pelajaran Kimia Plastik

Advertisemen

Apa itu Plastik

Plastik biasanya digunakan untuk membuat berbagai macam bahan seperti furnitur, komputer, tv dan mainan. Plastik tidak ditemukan di alam, tetapi dibuat dari produk dari batu bara, minyak dan gas alam. Plastik terusun dari karbon, hidrogen dan atom lainnya yang dihubungkan dalam rantai molekul yang panjang yang disebut dengan Polymer. Plastik sangat berguna karena kuat, ringan dan tahan dari panas dan bahan kimia lebih baik dari banyak bahan. Plastik juga dapat dicetak dalam berbagai bentuk dan ukuran. Tapi, tidak bijaknya untuk mengurus limbah atau sampah plastik akan merusak lingkungan.


45. Al Jaatsiyah
12. Allah-lah yang menundukkan lautan untukmu supaya kapal-kapal dapat berlayar padanya dengan seizin-Nya dan supaya kamu dapat mencari karunia -Nya dan mudah-mudahan kamu bersyukur.
13. Dan Dia telah menundukkan untukmu apa yang di langit dan apa yang di bumi semuanya, (sebagai rahmat) daripada-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berfikir.


Plastik Isolasi

Plastik modern dapat dibuat dengan sifat yang akurat yang sesuai dengan berbagai macam kegunaan. Mylar adalah plastik yang digunakan untuk mengisolasi pesawat ulang-alik. Plastik ini berkilau, kuat dan membran polyester yang ringan dibuat dalam lembaran sangat tipis. Plastik ini akan memantulkan panas yang kuat yang dihasilkan ketika sebuah pesawat ulang-alik kembali masuk atmosfer bumi, melindungi pesawat dan awaknya.

Injeksi Moulding


Mangkuk plastik selalu dibentuk dengan Injeksi Moulding (pencetakan). Pellet plastik dipanaskan sampai meleleh. Cairan plastik lalu didorong, atau diinjeksi ke dalam pencetak. Setelah palstik dalam pencetak dingin dan keras, produk jadi didorong keluar. Proses ini digunakan untu produksi masal barang seperti mangkuk, sendok dan lainnya.

Plastik Umum

PVC

PolyvinilChloride, atu disingkat PVC adalah plastik yang digunakan untuk membuat kartu kredit dan baju anti air. Plastik ini ulet, flexible, murah untuk diproduksi dan mudah untuk dicetak.

Polythene

Ada dua jenis polythene. Polythene yang kurang padat diunakan untuk membuat tas pasltik yang ringan. Polythene yang kepadatannya tinggi, kuat dan digunakan untuk membuat botol susu plastik .

PS

Polystyrene dapat kaku atau berbusa. Polystyrene kaku digunakan untuk membuat mainan dan isinya. Sedangkan yang busa digunakan untuk wadah makanan cepat saji.

PET

Polythelene terphthalate, lebih umum disebut PET adalah palstik kuat yang digunakan untuk membuat botol minuman. PET dapat didaur ulang menjadi karpet dan pita kaset.

PP

Polypropelene atau PP adalah plastik dengan titik leleh 160'C. Digunakan untuk membuat film kamera dan mesin pencuci benda plastik.

PA

PA (Polyamide) adalah plastik yang digunakan untuk mengepak makan berminyak seperti keju dan daging. Biasa disebut juga sebagai nylon dan digunakan dalam pakaian, tali, karpet dan bulu sikat.

Polymer

Semua plastik adalah polimer sintetik. Polimer adalah substansi yang molekulnya tersusun dari molekul-molekul sederhana yang disebut monomer yang saling berikatan panjang dengan bentuk rantai yang berkelok-kelok. Monomer terdiri adari karbon dan hidrogen dan kadang unsur lain seperti oksigen dan nitrogen. Polimer sintetik dapat dibagi menjadi dua grup: Thermoplastik dan thermosets.

Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini