Pelajaran Kimia Kaca

Diposkan oleh Islam Wiki

Industri Kaca

Kaca yang dibuat pertama kali 5000 tahun lalu adalah cairan pekat yang tidak dapat mengeras degan sempurna. Inilah kenapa kaca jendela tua lebih tebal dibawah dari yang atas. Kaca telah digunakan secara luas karena transparan, kuat dan dapat dilelehkan dan didaur ulang terus-menerus. Kaca cair dapat dibentuk dengan banyak cara, termasuk kaca datar untuk jendela dan serabut pada fiberoptik. Teknologi kaca sangat maju yang dapat membuat kaca tahan api dan tahan pecah.


27. An Naml
44. Dikatakan kepadanya: "Masuklah ke dalam istana." Maka tatkala dia melihat lantai istana itu, dikiranya kolam air yang besar, dan disingkapkannya kedua betisnya. Berkatalah Sulaiman: "Sesungguhnya ia adalah istana licin terbuat dari kaca." Berkatalah Balqis: "Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah berbuat zalim terhadap diriku dan aku berserah diri bersama Sulaiman kepada Allah, Tuhan semesta alam."


Memarnai Kaca

Kaca berwarna dibuat dengan melarutkan senyawa logam ke dalam pasir yang lebur. Senyawa logamnya berbeda membentuk warna yang berbeda. Contoh, selenium Sulfida membuat kaca merah, Senyawa besi dan chromium menghasilkan kaca hijau tua.

Membuat Kaca

Kaca Leleh

Pasir, kaca pecah, soda dan batu kapur dipanaskan dalam tungku bakar. Pada suhu sekitar 1500'C, campuran dilelehkan menjadi bentuk kaca cair(leleh), yang dipotong menjadi satu demi satu gumpalan kaca yang disebut gobs.

Pembentukan

Gobs ditaruh dalam cetakan botol. Tekanan udara meniup kaca ke Dinding cetak. Botol disingkirkan dari cetakan dan dipanaskan kembali untuk penghalusan.

Pendinginan

Botol didinginkan perlahan dalam sebuah tali konveyor bergerak dengan situasi terkontrol secara hati-hati. Hal ini untuk menjamin bahwa tidak ada debu yang tertinggal/ terperangkap, dan kaca tidak pecah.

Teknologi Kaca

Ilmuwan materi telah mengembangkan dan memajukan sifat kaca yang sesuai dengan tingkatan kegunaan. Pintu oven anti-panas dibuat dengan menambah bahan kimia ke dalam kaca cair sehingga kaca tetap ringan tetapi panas tidak keluar. Kaca depan mobil dibuat anti pecah dengan mendinginkan kaca cair dengan cepat dengan jet udara. Gelas ujicoba dan peralatan kaca lainnya dalam laboratorium dibutuhkan agar tahan panas dan nyala api. Kaca jenis ini dibuat anti panas dengan menambah boron oksida ke bahan mentah menjadi borosilikat.

Fiber Optik

Kaca cair dapat ditarik menjadi tabung sangat tipis yang disebut dengan fiber optik. Sebuah berkas sinar dipantulkan melalui pipa, dan berkas akan berbelok disekitar pojok. Fiber optik digunakan pada kabel telpon. Menghantarkan cahaya melalui pipa. dan menyampaikan informasi. Fiber optik juga digunkan dalam endoscope yang mebuat dokter dapat melihat dengan benar ke dalam tubuh.