Cara Memisahkan Campuran Kimia

Diposkan oleh Islam Wiki
3. Ali 'Imran
91. Sesungguhnya orang-orang yang kafir dan mati sedang mereka tetap dalam kekafirannya, maka tidaklah akan diterima dari seseorang diantara mereka emas sepenuh bumi, walaupun dia menebus diri dengan emas (yang sebanyak) itu. Bagi mereka itulah siksa yang pedih dan sekali-kali mereka tidak memperoleh penolong.

9. At Taubah
34. Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya sebahagian besar dari orang-orang alim Yahudi dan rahib-rahib Nasrani benar-benar memakan harta orang dengan jalan batil dan mereka menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah. Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih,
35. pada hari dipanaskan (emas perak itu) dalam neraka jahannam, lalu dibakar dengannya dahi mereka, lambung dan punggung mereka (lalu dikatakan) kepada mereka: "Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu."

Pemisahan Campuran Kimia

Substansi dalam suatu campuran dipisahkan dengan cara membedakan sifat fisiknya, sebagaimana ukuran partikelnya, semakin berbeda sifatnya, semkain mudah untuk memisahkannya. daun teh tidak larut dalam air, sehingga kamu dapat menggunakan saringan untuk memisahkan. Partikel dalam campuran lainnya dapat berukuran jauh lebih kecil, dalam kromatografi, substansi mikroskopik dipisahkan dengan cara bagaimana mudahnya subsansi saling menempel.

Penambangan Emas

Untuk mencari partikel emas yang kecil di sungai, suatu campuran pasir, lumpur dan kerikil di serok dengan sebuah wajan dan diputar-putar. Partikelpartikel emas lebit berat dari partikel lainnya, sehingga partikel emas akan mengendap di bagian bawah wajan. Partikel yang lebih ringan tetap bercampur dengan air dan tertuang keluar dari wajan. Teknik mendulang emas ini disebut dengan decanting. Krim juga dipisahkan dari susu dengan cara ini- krim lebih kurang padat dari susu.

DISTILASI (Penyulingan)

Dalam distilasi, suatu campuran dari cairan dipanaskan di dalam termos/flask. Cairan dengan titik didih yang lebih rendah menguap lebih dulu, diembunkan lalu dikumpulkan. Cairan dengan titik didih lebih tinggi dan beberapa partikel padatan tertinggal dibagian bawah termos/flask. Fraksi distilasi memisahkan cairan satu per satu saat menguap. Industri minyak memisahkan minyak mentah dengan menggunakan teknik ini.

Filtrasi (Penyaringan)

Ketika substansi dalam suatu campuran memiliki ukuran partikel yang berbeda, maka cara untuk memisahkan dengan filtrasi. Campuran dituangkan melalu ayakan atau saringan. Partikel yang lebih kecil akan meluncur melewati lubang, sedangkan patikel yang lebih besar akan tertinggal. Filtrasi adalah step pertama dalam daur ulang air. Ahli kimia menggunakan filter yang disebut zeolites, yang memiliki lubang sangat kecil yang dapat memisahkan partikel mikroskopik dari air.

Kromatografi

Ahli makanan memisahkan warna makanan untuk analisa menggunakan kertas kromatografi. Setetes warna diletakan dalam kertas filter. Ujung dari kertas filter dicelupkan dalam air. Saat air mengalir ke atas lewat kertas itu, sambil membawa warna yang ada. Beberapa warna berjalan lebih cepat dari lainnya, sehingga substansi terbagi-bagi dalam kumpulan warna yang berbeda.

Thin Layer Cromatography (TLC)

Ahli genetik menggunakan TLC untuk mempelajari substansi yang membentuk gen kita. Dalam TLC, material padat adalah sebuah lempeng kaca atau plastik yang dilapisi dengan bahan kimia, biasanya aluminium oksida atau silikon oksida. Saat campuran cairan berjalan lewat lempengan, beberapa substansi bergerak lebih cepat dari lainnya. Substansi itu nampak sebagai bintik bercak pada lempengan. Saintis mengkaji gen untuk mempelajari karkateristik inhereted(warisan).