Ilmu Kimia: Apa Itu Keramik

Advertisemen

Apa itu keramik

Kata keramik berasal dari kata Yunani Kuno yang artinya "Burned earth". Keramik dibuat dengan membakar (memanasi) lempung (partikel halus tanah) dalan sebuah oven yang disebut Tanur atau tungku api. Batubata dan ubin Cina terbuat dari keramik. Lebih dari beberapa dekade, keramik yang maju telah dikembangkan dengan sifat yang lebih unggul daripada keramik tradisional.


2. Al Baqarah
264. Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian. Maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu menjadilah dia bersih (tidak bertanah). Mereka tidak menguasai sesuatupun dari apa yang mereka usahakan; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir


Porselen

Porselen memiliki tekstur paling halus dari semua keramik. Porselen dibuat dari lempung putih yang disebut kaolin, dibakar pada suhu sangat tinggi. Kebanyakan keramik membiarkan air melewatinya sampai air itu mengglasir (menjadi lapisan seperti kaca), tetapi secara alami porselen tahan air. Kelebihan porselen lainnya adalah sifatnya kacanya yang halus dan setengah bening.

Membuat Keramik

Melempar

Keramik dapat dilempar (dibuat) dengan membentuk sebuah gumpalan lempung basah dalan sebuah roda (plat yang berputar). Tukang menaruh lempung pada bagian tengah roda, lalu dengan ketrampilannya tangannya membentuk sesuai keinginannya.

Pembakaran

Tembikar dibakar dalam tanur. Pembakaran pertama, disebut pembakaran bisque, mengeraskan lempung. Sebuha lapisan yang disebut glaze digambarkan atau dilapiskan pada tembikar, dan tembikar dibakar kembali. Glaze itu kedap air.

Mendekorasi

Saat melapisi, sutau tempelan (relief) di buat dan dihaluskan pada tembikar. Tembikar dibakar lagi agar tempelan itu dapat menempel pada tembikar secara permanen. Tembikar dapat juga digambari dengan enamel dan lalu dibakar.

Keramik Modern

Bio-keramik sekarang dapat mengganti gigi dan tulang. Itu adalah contoh dari kemajuan keramik. Setiap tipe dibuat dari suatu komponen khusus dari lempung murni. Lalu dibakar pada suhu spesifik, kadang dalam lingkungan gas yang spesifik, seperti pada lingkugan gas nitrogen. Ini akan merubah struktur dan sifat kimia keramik .

Keramik pada Pesawat Ulang Alik

Sebuah jenis dari keramik yang maju, yang disebut dengan ubin keramik shuttle, telah dibuat agar tahan suhu lebih dari 1280'C. Pesawat ulang-alik dilapisi sebanyak 30.000 ubin yang ringan ini. Ubin ini memproteksi pesawat dari panas saat kembali memasuki atmosfer dari angkasa.

Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini